Category: Tips and Trik

Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock Pada Pintu Belakang Mobil

Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock Pada Pintu Belakang Mobil

Fitur Child Lock Pada Pintu Belakang Mobil | Sebagai keluaraga bepergian menggunakan mobil memang cara yang paling praktis dan ringkas dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Pernahkah ketika berpergian dengan mobil Pemirsah membawa anak-anak di kursi belakang dan kedua orang tuanya berada di kabin depan? Sudah kodratnya jika anak-anak suka iseng mencoba hal baru tanpa berpikir panjang, sehingga tidak menutup kemungkinan ketika mobil melaju si kecil mencoba untuk membuka pintu, mungkin Pemirsah beranggapan akan aman-aman saja karena pintu sudah dikunci dari dalam menggunakan central lock. Tapi bagaimana jika pengunci pintu juga dibuka oleh si kecil dari dalam? Untuk mengantisipasi hal tersebut maka pabrikan menyediakan fitur kunci pengaman anak atau child safety lock di setiap pintu belakang mobil.

Cara Mengaktifkan Fitur Child Lock Pada Pintu Belakang Mobil

Fitur Child Safety Lock merupakan tuas kecil di pintu yang berfungsi untuk menonaktifkan handel pintu bagian dalam, jadi ketika fitur ini aktif dan kita ingin membuka handel pintu dari dalam maka pintu tidak dapat terbuka (bahkan ketika pengunci pintu sudah dibuka dari central lock). Satu-satunya cara adalah dengan membuka dari handel pembuka di bagian luar pintu.

Fitur Child Lock hanya tersedia pada kedua pintu belakang, kenapa? Karena sesungguhnya posisi menempatkan anak balita di dalam mobil paling aman berada pada tempat duduk belakang. Pabrikan telah merancang hal tersebut dengan dilengkapinya dengan tombol untuk menon-aktifkan power window di semua pintu kecuali pintu pengemudi. Terlebih jika mobil anda telah dilengkapi air bag, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakan dan air bag mengembang justru akan membahayakan nyawa si anak yang berada di depan sehingga pabrikan selalu memberi peringatan untuk tidak mendudukkan anak balita di posisi kursi depan.

Berikut cara mengaktifkan Fitur Child Lock di pintu belakang:

  1. Buka pintu belakang, anda akan melihat tuas kecil lazimnya berwarna putih tapi untuk beberapa mobil di Indonesia ada yang berwarna hitam(Seperti pada Kijang Innova).
  2. Geser tuas pengunci pada posisi “Lock” maka fitur ini aktif dan anda tidak akan bisa membuka dari handel bagian dalam.
  3. Untuk menonaktifkannya geser ke posisi “Free”.

Penting:

Pastikan anda sudah meng-aktifkan Fitur Child Lock dan menon-aktfikan Power Window pada pintu belakang ketika membawa anak kecil duduk di belakang. (Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Suzuki Ignis dan Spesifikasi dan Hargag Suzuki New Ertiga)

Cara Membaca Kode Kapasitas Aki

Cara Membaca Kode Kapasitas Aki

Cara Membaca Kode Kapasitas Aki – suzukibandung.co.idPengertian Baterai (Aki) Baterai atau aki, atau bisa juga accu adalah sebuah sel listrik dimana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel (dapat berbalikan) dengan efisiensinya yang tinggi. Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel, adalah di dalam baterai dapat berlangsung proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik (proses pengosongan), dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia, pengisian kembali dengan cara regenerasi dari elektroda-elektroda yang dipakai, yaitu dengan melewatkan arus listrik dalam arah (polaritas) yang berlawanan di dalam sel.

Cara Membaca Kode Kapasitas Aki
 
Fungsi Baterai
 
Baterai atau aki pada mobil berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya. Kali ini kami coba memberikan panduan Cara Membaca Kode Kapasitas Aki agar Anda dapat membaca kapasitas dan lebih mengerti aki yang Anda gunakan secara langsung.

Cara Membaca Kode Kapasitas Aki

Kode aki dituliskan mengikuti 2 standar/metode:

1. Japan Industrial Standard (JIS)
2. Deutsches Institut für Normung (DIN)

Sepertinya yang lebih banyak beredar adalah aki berstandar JIS. Ini sesuai dengan permintaan pasar yang lebih banyak kepada kendaraan Jepang. Setiap aki punya kode yang bisa dilihat langsung pada akinya. 

Perbedaan standar bisa dilihat pada letak kepala aki (kutub): tenggelam untuk aki tipe DIN dan muncul untuk aki tipe JIS (lebih tinggi).

Aki Japan Industrial Standard (JIS)

Contoh 1: Aki NS40ZLS

  • N = Normal
  • S = pengurangan daya aki sebesar 20%
  • 40 = daya utama aki
  • Z = penambahan daya aki sebesar 10% setelah dikurangi 20% (huruf S pertama)
  • L = left, artinya pole (kepala aki / kutub negatif) [-]) berada di sebelah kiri. Tanpa kode ini pole pasti berada di sebelah kanan.
  • S = aki memiliki kutub ukuran besar

Jadi aki NS40ZLS mempunyai daya: 40Ah – 20% + 10% = 32 Ah dengan pole sebelah kiri dan kepala aki besar.

Contoh 2: Aki N 40

  • Daya utama 40Ah
  • Kepala aki besar, walaupun tidak memiliki kode S dibelakangnya.
  • Hal ini karena huruf awalnya bukan NS.

Contoh lain:

  • Aki NS 40: kapasitas 32 Ah
  • Aki NS 40 Z: kapasitas 35 Ah
  • Aki NS 40 ZS: kapasitas 35 Ah dengan kepala aki besar

| Baca juga : Tips Mudah Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Sekarang ini kode di atas mengalami perubahan menjadi lebih simpel.
Seperti NS 40 menjadi 32B20R, artinya:

  • 32: kapasitas aktual aki 32 Ah
  • B: kode baterai
  • 20: panjang aki 20cm
  • R: posisi pole di sebelah kanan

Aki Deutsches Institut für Normung (DIN)

Aki DIN banyak digunakan untuk mobil buatan Eropa. 
Aki ini menggunakan kode 5 digit angka. Tapi yang perlu diperhatikan hanya 3 digit angka di depan.

Cara membacanya :

  • Angka I 5 menjadi 0
  • Angka I 6 menjadi 1
  • Angka I 7 menjadi 2

Contoh: Aki 54533

  • Angka I 5: menjadi angka 0
  • Angka II & III 45 = tetap angka 45
  • Kapasitas (daya) aki adalah 045 Ah = 45 Ah

Contoh lain: Aki 73530

  • Kapasitas aki adalah: 235 Ah.

| Baca Juga :  Ini Dia Penyebab Kaca Headlamp Buram

Tips Mudah Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Tips Mudah Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Tips Mudah Menghilangkan Jamur Kaca Mobil | Suzukibandung.co.id | Panas terik dan hujan deras kini datang tak menentu. Terkadang pagi hari hujan lebat, tiba-tiba siang hari langsung panas terik. Tak pelak kondisi alam tersebut menimbulkan beberapa efek kurang baik pada mobil. Salah satunya timbul jamur di kaca mobil akibat tetesan hujan yang kering karena panas.  Membersihkannya bukan sekedar membuat lebih kinclong ataupun indah. Tanpa disadari, kaca yang terlihat bening akan membantu visibilitas saat mengemudi. Pandangan lebih jelas, terlebih pada saat malam hari untuk menghilangkan efek bias cahaya lampu dari luar. Tak perlu menghabiskan waktu lama untuk mewujudkannya, kami pandu Anda membuat kaca mobil jadi bening dan bersih.

Tips Mudah Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Apabila pada kaca mobil anda terdapat jamur maka kami sarankan jangan menggunakan obat obatan kimia untuk menghilangkan jamur tersebut, sebab obat obat kimia tersebut bisa menimbulkan masalah lain pada kaca seperti baret pada kaca. Sebaiknya anda mencoba tips sederhana ini.

Ada 2 cara sederhana menghilangkan Jamur Kaca Mobil
A. Menggunakan Pasta Gigi

  1. Siapkan pasta gigi, spoon bersih dan lap yang tidak berserat (kain perca atau potongan baju)
  2. Basahi kaca mobil yang terkena jamur atau seluruh kaca mobil, pastikan tidak ada debu yang tertinggal sehingga tidak menyebabkan kaca mobil menjadi baret.
  3. Oleskan pasta gigi pada spoon secukupnya lalu poles kaca mobil yang sudah berjamur tersebut.Poles menggunakan perasaan, jangan sampai karena terlalu bersemangat malah kaca mobil menjadi pecah.
  4. Setelah dioleskan, siram dengan air dan lap kaca mobil hingga kering.(jangan dibiarkan basah sehingga angin yang mengeringkan, kalau dengan cara ini sama saja seperti membiarkan berjamur kembali)
  5. Liat perbedaannya, apabila kurang bersih dapat diulangi untuk memoles kacanya.

| Baca Juga : Ini Dia Penyebab Kaca Headlamp Buram

B. Menggunakan Tembakau
Tembakau dapat digunakan untuk menghilangkan Jamur Kaca Mobil

  1. Siapkan tembakau yang dapat diperoleh dari rokok.Rokok yang digunakan adalah rokok kretek (seperti gudang garam, djarum, 234) karena kalau rokok putih (mild, malboro) tidak menggunakan tembakau lagi tetapi menggunakan sari-sari tembakau alias hanya kertas yang diberikan aroma.Dan yang perlu diingat tembakau, bukan abu rokok..Biasanya biar tidak rugi, rokoknya dibakar terlebih dahulu dan yang tersisa cuma abunya saja.Buang kertas pembungkus rokoknya.
  2. Rendam tembakau tersebut ke dalam air bersih pada gayung selama 10 menit
  3. Balurkan air tembakau tersebut pada kaca mobil seperti kita sedang memoles mobil.
  4. Diamkan 5 menit  lalu tiriskan, (maaf jadi ketuker dengan acara masakan yang sedang ditonton.) Diamkan sebentar dan setelah itu bilas dengan air bersih.
  5. Keringkan dengan kain perca dan lihat perbedaannya. Apabila dirasa kurang bersih dapat mengulangi langkah-langkah di atas

| Baca Juga : Apa Jadinya Bila Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa?

Demikian pembahasan kali ini mengenai Tips Mudah Menghilangkan Jamur Kaca Mobil, Semoga bermanfaat

 

Ini Dia Penyebab Kaca Headlamp Buram

Ini Dia Penyebab Kaca Headlamp Buram

Ini Dia Penyebab Kaca Headlamp Buram – Suzukibandung.co.id | Masih soal membersihkan bagian-bagian mobil. Sebelumnya kami sudah mengulas tentang Tips Membersihkan Mobil Dari Debu Menggunakan Kemoceng, dan saat ini kami akan memberihkan ulasan Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Kuning Dan Buram. Bagi yang sudah memiliki mobil antara 3-4 tahun mungkin sudah mengalami hal ini. Seiring bertambahnya usia mobil, tentu ada bagian-bagian mobil yang dulunya terlihat bersih dan mengkilap, namun sekarang menjadi kusam. Satu diantara bagian tersebut adalah lensa kaca lampu depan mobil (headlamp). Masalah yang sering dijumpai pada lampu depan mobil ialah kaca lampu depan menjadi kuning ataupun kaca lampu mobil yang terlihat kusam dan kotor. Kaca lampu mobil yang menjadi kuning atau buram sebenarnya dapat dibersihkan sendiri di rumah asal tau caranya.

Ini Dia Penyebab Kaca Headlamp Buram

Bagian lampu utama (headlamp) pada kendaraan memiliki peranan penting untuk penerangan kendaraan saat malam hari. Namun seiring penggunaan, Headlamp Buram seiring waktu bisa menguning pada kacanya. Perubahan ini tentu menyebabkan headlamp tidak bekerja maksimal dan terang lampu menjadi berkurang. “Kaca lampu depan yang buram itu banyak faktor penyebabnya. Kebanyakan bukan karena usia namun karena faktor luar seperti paparan sinar matahari serta perawatan yang jarang dilakukan,” ucap Puji, mekanik Duta Mas Fatmawati kepada Otomana, belum lama ini.

Salah satu yang menyebabkan kaca headlamp buram adalah paparan sinar UV matahari terus menerus. Terutama saat posisi parkir kendaraan jarang di lokasi teduh dan jauh dari sinar matahari.

| Baca Juga : Apa Jadinya Bila Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa?

Kemudian ubahan pada bohlam lampu juga dapat menyebabkan kaca headlamp lebih cepat berubah warna (Headlamp Buram). Biasanya terjadi saat mengubah bohlam lampu tidak sesuai spesifikasi pabrikan dengan daya yang lebih besar. Akibatnya panas yang ditimbulkan menyebabkan perubahan warna pada kaca headlamp.

Kondisi hujan juga jadi salah satu penyebab. Air hujan dan kotoran dapat membuat headlamp mengalami goresan sehingga partikel kotoran bisa masuk ke dalam serat kaca dan menyebabkan kaca buram.

| Baca Juga : Solusi Mudah Saat AC Mulai Tidak Sejuk

Hal ini diperparah dengan pemilik kendaraan yang tidak segera mencuci kendaraan. Kotoran yang dibiarkan terlalu lama akan sulit menghilangkannya.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kaca headlamp buram ada baiknya hindari terpapar sinar matahari terlalu lama terutama saat parkir. Usahakan agar tidak mengubah bohlam headlamp dan segera cuci kendaraan setelah digunakan sehabis hujan.

Apa Jadinya Bila Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa?

Apa Jadinya Bila Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa?

Apa Jadinya Bila Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa?

Suzukibanung.co.id | Salah satu persiapan saat melakukan mudik adalah pemeriksaan kondisi kendaraan, Ini wajib dilakukan terutama saat menghadapi kemacetan dan kondisi jalur yang beragam. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah pemeriksaan tekanan udara pada ban. Pastikan tekanan udara sesuai dengan standar ukuran pabrikan kendaraan.

Apa Jadinya Bila Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa?

Apa Jadinya Bila Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa?

Pertanyaan yang kerap keluar dari pemilik kendaraan adalah antara nitrogen dengan udara biasa sebaiknya mana digunakan dan bagaimana bila tercampur? Aries Abdullah, Businees Support Manager PT Gajah Tunggal Tbk angkat bicara soal ini. Menurutnya baik nitrogen maupun udara biasa sebenarnya sama fungsinya yakni untuk mengisi ban. Asalkan ban dalam tekanan yang sesuai anjuran pabrikan, ban akan terhindar dari masalah.

| Baca Juga : Solusi Mudah Saat AC Mulai Tidak Sejuk

“Nitrogen atau udara biasa sama saja. Tidak ada beda. Yang penting itu apakah ban diisi sesuai tekanan yang dianjurkan, bukan diisi pakai apa lalu kondisinya bagaimana. Pemuaian nitrogen memang rendah, kelebihannya itu namun jika tekanannya kurang, sama saja,” ucap Aries kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Pengisian nitrogen maupun udara biasa juga tidak menimbulkan masalah besar. Jika pemilik kendaraan awalnya mengisi nitrogen saat sebelum berangkat mudik dan mendapati ban kekurangan tekanan maka bisa saja mengisi menggunakan udara biasa di tempat pengisian ban yang didapat di jalur mudik.

| Baca Juga : Penjelasan VTEC, DOHC, SOHC, VVT-i, I-DSi dan EFI

“Sebaiknya tidak perlu ditakut-takuti mengenai nitrogen campur udara biasa bagaimana. Udara biasa itu sebagian besar juga mengandung nitrogen sehingga kalau tercampur tidak ada masalah,” tambah Aries.

Paling penting selalu pastikan ukuran tekanan ban dalam kondisi sesuai standar pabrikan. Jika membawa barang berlebih atau beban yang banyak, tambahkan sedikit tekanan ban dari ukuran yang dianjurkan.

Solusi Mudah Saat AC Mulai Tidak Sejuk

Solusi Mudah Saat AC Mulai Tidak Sejuk

Solusi Mudah Saat AC Mulai Tidak Sejuk – Suzukibandung.co.id | Selain overheat, pendingin udara atau air conditioner (AC) yang tak lagi sejuk juga jadi penyakit yang biasa terjadi ketika menempuh perjalanan mudik. Masalah ini datang bukan hanya karena kurang perawatan, tapi juga diakibatkan kondisi saat perjalanan.

Solusi Mudah Saat AC Mulai Tidak Sejuk

Solusi Mudah Saat AC Mulai Tidak Sejuk

Berkurangnya asupan udara sejuk dari AC saat menempuh perjalanan mudik bisa disebabkan karena adanya proses pembekuan (frozen) pada sistem instalasinya. Biasanya saat mudik selain membawa banyak barang mobil juga diisi oleh banyak penumpang. Kondisi ini membuat ruang kabin terasa sesak dan gerah, apalagi bila berkendara di siang hari dalam situasi macet. Otomatis orang akan menyalakan AC dengan bukaan blower yang lebih besar, tanpa disadari kondisi secara terus menerus membuat terjadinya pembekuan pada evaporator.

| Baca Juga : Ini Dia Perbedaan Mesin SOHC dan DOHC

Dengan kondisi evaporator yang mengalami pembekuan, embusan angin dari ventilasi AC akan berkurang karena terhalang gumpalan es. Selain itu pipa AC tekanan rendah yang ada di kamar atau ruang mesin juga ikut mengalami hal yang sama.

Untuk mengatasi hal ini, Arifani menganjurkan untuk pemilik mobil mematikan seluruh sistem AC terlebih dahulu. Paling baiknya melakukan istirhat agar semua suhu kembali normal.

| Baca Juga :  Manakah Yang Lebih Bagus, Aki Kering Atau Aki Basah?

Kalau sudah ada gejala seperti itu baiknya matikan AC jangan dipaksakan menyala terus-menerus. Setelah satu atau dua jam, coba nyalakan lagi, biasanya akan kembali normal. setelah sampai di kampung halaman atau bertemu bengkel resmi segera malakukan pegecekan, takutnya evaporator tadi juga sudah kotor dan banyak debu yang menyumbat jalur udara ke kabin.

 

Manakah Yang Lebih Bagus, Aki Kering Atau Aki Basah?

Manakah Yang Lebih Bagus, Aki Kering Atau Aki Basah?

Suzukibandung.co.id | Peran accu atau aki pada kendaraan sangat vital baik itu aki kering atau aki basah. Sebab, aki memiliki fungsi mensuplai tenaga listrik saat kendaraan di-starter. Saat mesin mobil dihidupkan, aki akan mendapatkan energi listrik dari alternator atau dinamo ampere yang diputar oleh mesin.

Energi listrik ini disimpan ketika mobil diparkir dan kembali digunakan saat mobil di-starter. Siklus ini berjalan normal jika aki dalam kondisi baik.

Lain halnya jika aki sudah lemah atau tidak normal. Mesin mobil tidak bisa di-starter. Untuk mengembalikannya ke kondisi normal, maka aki harus segera diganti dengan yang baru dan kondisinya baik.

Aki Kering atau Aki Basah

Di pasaran, ada dua macam aki, kering dan basah. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai panduan untuk menentukan aki mobil yang sesuai kebutuhan, jadi Manakah Yang Lebih Bagus, Aki Kering Atau Aki Basah? berikut paparan kelebihan dan kekurangan Aki Kering dan Aki Basah tersebut :

Aki Kering Atau Aki Basah Mana yang lebih bagus? kita bahas

Aki Basah

Jenis aki ini mempunyai ciri khusus bodinya lebih transparan dan dilengkapi garis batas atas dan bawah. Tujuannya untuk mempermudah mengecek kondisi ketinggian air aki.

Namun, pada aki basah, air harus sering dicek karena mudah menguap akibat panas dari sel-sel aki saat pengisian dan suhu di sekitar aki.

Aki basah umumnya sangat cocok dengan iklim tropis seperti di Indonesia, apalagi dengan letaknya di ruang mesin yang selalu berada pada suhu tinggi. Dan harga baterai jenis ini umumnya lebih murah dibandingkan baterai kering.

| Baca Juga : Cara Mudah Hindari Radiator Bocor

Aki Kering

Aki jenis ini tidak menggunakan cairan elektrolit untuk merendam sel-sel aki, namun menggunakan gel sebagai penggantinya. Oleh karena itu, penguapan dari gel ini sangat minim sehingga kuantitasnya jarang sekali berkurang dari level normalnya.

Kalaupun jumlah gel-nya berkurang, membutuhkan waktu sekitar satu – 1,5 tahun. Kelebihan aki jenis ini, minim perawatan sehingga sering disebut dengan maintenance free battery. Jenis aki ini lebih cocok untuk pemilik mobil yang tidak mau repot dalam urusan pengecekan air aki. Namun dari sisi finansial harga baterai kering lebih mahal dibandingkan dengan baterai basah.

| Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Suzuki S-Cross

Usia Aki

Aki Kering atau Aki basah ini mempunyai usia pakai yang tidak jauh berbeda, tergantung dari pemakaian dan perawatannya. Rata-rata masa pakai baterai mobil berkisar 1,5 – dua tahun dan setelah rentang waktu tersebut sebaiknya baterai mobil diganti baru agar sistem kelistrikan mobil tidak mengalami masalah.

Save

Cara Mudah Hindari Radiator Bocor

Cara Mudah Hindari Radiator Bocor

Cara Mudah Hindari Radiator Bocor – Suzukibandung.co.id | Radiator berperan penting menjaga suhu mesin mobil tetap ideal saat bekerja, yakni pada suhu 80 – 90 derajat celcius, sehingga efisiensi kerja mesin mobil akan maksimal. Suhu mesin yang terlalu rendah mengakibatkan penggunaan bahan bakar lebih boros karena pembakaran tidak sempurna.

Cara Mudah Hindari Radiator Bocor

Sedangkan jika suhu mesin terlalu tinggi berdampak pada timbulnya suara mesin yang ngelitik atau overheating yang dapat mengubah bentuk material komponen mesin.

Sebagai komponen yang menjaga suhu mesin mobil, radiator menjadi tempat menampung air yang bersirkulasi secara terus menerus selama mesin hidup. Karena itulah radiator harus selalu dalam kondisi optimal, baik dari sisi luar ataupun dalam radiator. Dari sisi luar, tentu sirip-sirip pendingin radiator yang dilewati oleh angin yang dihisap oleh extra fan harus selalu kondisi baik.

Di sisi dalam, pipa saluran air yang ada di radiator harus dijaga agar sirkulasinya lancar dan tidak tersumbat karat. Tutup radiator juga mempunyai peran penting untuk mengatur tekanan air di radiator. Saat tekanan air radiator tinggi maka di dalam tutup air radiator akan membuka sehingga air pada radiator akan dialirkan dan ditampung di tangki cadangan (recervoir).

| Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Dalam Mobil

Radiator yang tidak dirawat dengan baik rentan terhadap kerusakan. Kasus yang sering terjadi adalah pipa radiator yang bocor akibat karat atau keropos. Kejadian seperti ini biasanya menimpa kendaraan berusia lebih dari empat tahun. Secara fisik kebocoran akan terlihat dari menetesnya air di pipa radiator dan berkurangnya volume air radiator.

Apabila kebocoran terjadi saat mobil dikendarai sebaiknya jangan memaksakan melanjutkan perjalanan karena berisiko terjadi overheating pada mesin mobil. Tepikan kendaraan dan cek kebocorannya.

| Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Suzuki S-Cross

Cara Mudah Hindari Radiator Bocor / Mencegah kerusakan pada radiator maka perlu dilakukan perawatan sederhana sebagai berikut:

Cara Mudah Hindari Radiator Bocor

  • Kuras air radiator secara rutin sesuai dengan anjuran di buku servis kendaraan atau minimal pada kilometer 40.000.
  • Gunakan cairan khusus untuk radiator (radiator coolant) yang dapat mencegah terjadinya karat pada saluran air radiator. Begitu juga saat menambahkan air radiator yang kurang sebaiknya menggunakan radiator coolant, jangan menggunakan air biasa atau mineral.
  • Ketika menambahkan air radiator, pastikan tangki recervoir dan radiator tertutup rapat sehingga radiator coolant tidak keluar saat temperatur mesin sudah panas.
  • Saat mencuci mobil, semprot kisi-kisi radiator dengan air bertekanan tinggi sehingga kisi-kisi radiator bersih dari kotoran. 
Tips dan Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil – Ada banyak faktor yang menyebabkan bau tidak sedap saat Anda berada di kabin mobil kesayangan. Hal yang paling sering terjadi adalah karena mobil baru saja di pakai dari perjalan jauh. Berbagai aktifitas penumpang yang ada di kabin, mulai dari tumpahan makanan ataupun minuman, hingga mabuk perjalanan menjadi penyebab timbulnya bau tidak sedap di mobil Anda.

selain hal diatas, bau dimobil juga sering terjadi akibat adanya kotorn yang dibawa penumpang dari luar dan mengendap di suatu tempat yang tidak terlihat pada bagian kabin mobil. Tidak menutup kemungkinan juga, dampak musim hujan hingga banjir terkadang bisa menimbulkan lembab yang tidak terlihat, mengendap dibawah karpet mobil, hingga menimbulkan bau yang tidak sebab. Banyak sekali faktor yang memicu terjadinya bau di mobil.

| Baca Juga : Tips Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

Nah, setelah mengetahui semua kemungkinan penyebab bau di mobil tersebut, perlu bagi pemilik kendaraan untuk tahu cara mengusir bau tersebut, sehingga bisa mengembalikan kenyamanan kita yang berada di mobil. Apa saja yang bisa dilakukan untuk Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil?

Idealnya, mobil yang habis dipakai dari perjalan jauh dengan penumpang yang penuh ataupun membawa barang, atau setelah menerjang banjir, perlu untuk dibawa ke salon mobil agar bisa menghilangkan kotoran yang bisa saja menimbulkan bau di mobil. Namun bagi yang tidak mau membawanya ke salon mobi karena suatu hal, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil. Cara ini tentunya lebih murah dan tidak perlu salon mobil. Bagaimana caranya?

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Berikut adalah 4 Tips dan Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil, yang bisa kamu lakukan sendiri pada mobil kesayangan Anda:

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

  1. Keluarkan karpet tambahan yang ada di kabin mobil Anda. Lalu lakukan pengelapan pada bagian karpet dasar dengan lap yang dibasahi air bercampur pewangi. Anda bisa menggunakan jenis pewangi apa saja yang Anda sukai. Setelah itu cuci karpet tambahan tersebut dan jemur hingga kering.
  2. Untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel di jok mobil Anda, pastikan juga untuk mengelap bagian jok dengan lap bersih dan kering hingga bersih betul. Jika jok mobil Anda terbuat dari bahan tertentu seperti bahan kulit ataupun beludru,
  3. Setelah semua benar-benar bersih dan kering, baik karpet tambahan ataupun jok yang mungkin terkena noda, maka jangan tutup mobil Anda. Tetap buka pintu dan kaca mobil selama 5-10 menit agar benar-benar kering dan sirkulasi udara di dalamnya lancar.
  4. Setelah itu, tuang bubuk kopi disebuah wadah dan tempatkan di beberapa bagian mobil. Jika ingin aroma lebih segar bisa menggunakan potongan jeruk nipis. Biarkan dua benda itu tetap berada di kabin mobil yang tertutup selama 24 jam. Bau pun akan berangsur-angsur hilang.

Akhirnya, semoga dengan mempraktekkan semua 4 Tips dan Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil diatas, maka kabin mobil kesayangan Anda terasa begitu harum dan nyaman.

| Baca Juga : Yang Harus Dilakukan Jika Mesin Mobil Mengalami Overheat

Tips Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

Tips Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

Tips Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong – Mobil yaitu kendaraan beroda empat sebagai kebanggan sendiri untuk pemiliknya, lantaran mobil adalah benda yang bisa kita gunakan waktu lakukan perjalanan. Dengan berkembangnya otomotif mobil bikin beberapa orang yang mau mempunyai mobil lantaran kendaraan ini serbaguna, dapat digunakan bekerja, berlibur berbarengan keluarga serta kegiatan yang lain. Tetapi banyak pemakai mobil yg tidak tahu langkah menjaga body atau cat supaya terus bersih, mulus, serta awet hingga warna terlihat sirna. Namun untuk Anda yang mau lakukan perawatan sisi luar mobil atau body tentu sangatlah gampang seandainya punya kebiasaan.

Tips Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

Penampilan luar mobil umumnya melambangkan ciri khas pemiliknya, pasti ingindara tidak mau bila mobil mereka tampak buruk. Umumnya penggemar Otomotif mobil ganti cat body mobil mereka bila telah tak kinclong lagi, namun pengecetan memerlukan saat yang cukup lama, langkah menangani body dengan aksi ini tentu merugikan Anda, terkecuali biayanya mahal cara itu juga menghabiskan waktu Anda berbarengan mobil yang paling disayangi anda. Menjaga sisi body mobil adalah jalan keluar paling baik untuk untuk menangani cat mobil supaya terus terlihat bersih. Di bawah ini yaitu panduan menjaga cat mobil supaya bersih serta awet, hingga mobil yang paling disayangi Anda tampak kinclong sehari-hari.

Panduan Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

1. Langkah serta panduan yang pertama kali Anda kerjakan yaitu hindari mobil dari cahaya UV atau cahaya matahari yang terlalu berlebih. Waktu berhenti carilah tempat parkir yang teduh bila mobil bakal diparkir lama. Namun sekarang ini kadang-kadang tidak sering tempat parkir yang teduh, hal semacam ini dapat Anda tangani dengan memakai sarung mobil atau penutup mobil lainya.

2. Selanjutnya yakni memakai sabun atau shampoo spesial mobil saat membersihkan mobil, lantaran sahmpo mobil mempunyai kaadar yang sudah sesuai untuk menjaga cat mobil. Janganlah memakai deterjen serta sabun colek untuk membersihkan mobil lantaran menyebabkan body mobil makin tidak tebal serta menjadikanya kasar, banyak yang menunjukkan bahwa menyuci mobil memakai sabun colek serta deterjen beresiko pada warna mobil yg tidak rata serta tak tampak bersih.

| Baca Juga : Cara Mengetahui Ciri-Ciri Mobil Bekas Tabrakan

3. Panduan setelah itu yakni bersihkan sisi luar mobil dengan kain yang halus atau tak kasar. Umumnya telah ada kain khusu untuk lap mobil seperti chamois atau kanibo. Bila Anda tak memiliki kain Chamois Otolovers dapat memakai kain lain yang memiliki bahan halus serta lembut. Waktu bersihkan body dengan kain lap Anda mesti mongondisikan kain itu dalam situasi bersih, lantaran bila kain itu kotor bisa menyebabkan bekas-bekas noda serta bembuat warna cat tampak tak bersih.

4. Panduan bersihkan mobil dengan kain lap setelah itu yakni memerhatikan body. Bila body mobil dalam situasi kering jadi anda mesti menyiramnya terlebih dulu, banyak yg tidak tahu bila melap body dalam situasi kering bisa menyebabkan body tampak tak bersih serta meninggalkan sisa goresan kecil. Partikel debu serta kerikil yang melekat pada body mobil bisa menggores cat mobil. Berikan pelumas spesial body waktu lakukan pengelapan serta tak mengelap lewat cara mengulangi sisi yang telah bersih, kerjakan dengan tehnik searah jarum jam atau memutar dari samping kiri ke kanan.

5. Langkah menjaga cat mobil selanjutnya yakni membersihkan mobil dengan teratur. Penyucian dengan teratur mempunyai tujuan untuk menghindar kotoran yang melekat terlampau lama lantaran bisa kurangi kilau cat mobil Anda. Namun menyuci mobil tak mesti sehari-hari, minimum satu minggu sekali waktu musim kemarau, serta seringkali lagi saat musim hujan. Waktu mobil Anda terserang air hujan janganlah dilewatkan, segera siram dengan air bersih lantas keringkan atau anda dapat mencucinya. Nyatanya air hujan memiliki kandungan asam yang cukup tinggi hingga bisa memudarkan cat mobil bila dilewatkan.

| Baca Juga : 6 Langkah Agar Aki Mobil Tetap Awet

6. Panduan yang paling akhir yaitu memarkir kendaraan waktu malam hari. Jauhkan memarkir kendaraan ditempat yang terbuka lantaran air embun bisa memudarkan cat serta kurangi ketahanan body mobil. Bila hal semacam ini dilewatkan dengan cara terus-terusan bisa menyebabkan body mobil Anda alami retak-ratak kecil. Gunakan sarung mobil waktu parkir untuk melindungi dari benda-benda yang bisa memudarkan cart mobol.

Menjaga cat mobil merasa enteng bila Anda telah punya kebiasaan, kerjakan panduan langkah diatas dengan hati yang suka supaya tak merasa menjemukan. Dapatkan juga berbagai macam panduan mobil yang lain di website kami seperti panduan beli mobil serta panduan mengemudi jarak jauh yang sudah kami berikanlah pada pertemuan pada awal mulanya. Berita otomotif mobil, serta aksesori otomotif dapat Anda dapatkan disini.