Suzuki Karimun Wagon R GS AGS Menyajikan Rasa Otomatis di Transmisi Manual

Suzuki Karimun Wagon R GS AGS

Suzuki Karimun Wagon R GS AGS Menyajikan Rasa Otomatis di Transmisi Manual

Suzuki Karimun Wagon R GS AGSSuzuki berusaha menggabungkan karakter transmisi manual dan otomatis pada varian berlabel AGS. Wagon R AGS menggunakan mesin tipe K10B dengan kapasitas 998 cc 3 silinder. Dapur pacu ini mampu menghasilkan tenaga 68 dk di 6.200 rpm dan torsi maksimum 90 Nm di 3.500 rpm. Untuk transmisi sendiri masih sama persis dengan manual, yakni 5-speed. Kecuali final gear yang naik dari 4,388:1 ke 4,705:1.

Pada dasarnya Karimun Wagon R AGS adalah transmisi jenis Automated Manual Transmission (AMT). Di era 1990an, transmisi jenis ini pernah dijual sebagai produk aftermarket. Meski begitu, animo masyarakat tidaklah besar mengingat belum terlalu dibutuhkan dan teknologinya masih sangat sederhana.

Sebenarnya teknologi Suzuki Karimun Wagon R GS AGS milik Suzuki tidak berbeda dari transmisi AMT lainnya. Di sini mobil memakai girboks dengan kopling kering layaknya mobil manual. Mekanisme kerja kopling tidak lagi berdasarkan injakan kaki pada pedal kopling, tapi dikendalikan oleh pompa yang diatur secara elektronik. Hasilnya, kaki kiri pengemudi terhindar dari aktivitas melelahkan.

Indikator pada tuas per­sneling hanya ada R, N, D, dan M (+/-) di sebelah kiri­nya, tanpa ada indikator P (Parking). Pedal di kaki hanya ada gas dan rem. Peranan kopling sudah diganti oleh Transmission Control Module (TCM) yang mengontrol kinerja kopling dan transmisi.

Sama dengan mobil transmisi matik pada umum­nya, Anda harus me­nginjak pedal rem AGS ketika menyalakan mesin. Tidak perlu khawatir de­ngan tidak adanya posisi P karena begitu masuk N, kopling akan sepenuhnya melepas kontak mesin dan transmisi.

Pola kerjanya sama de­ngan transmisi otomatis normal. Gigi akan naik sesuai dengan respons terhadap injakan pada pedal gas. Terasa jeda yang cukup lumayan ketika modul bekerja mengoperasikan kopling. Indikator posisi gigi di panel instrumen mem­bantu pengemudi me­ngetahui posisi gigi.

Sedikit mengganggu ke­tika mobil harus mengurangi laju. Seperti menghadapi lampu lalu lintas atau darurat. Katakan, ketika itu mobil berada di gigi 4. Saat pengereman, transmisi tidak melakukan downshifting seperti biasa terjadi pada transmisi matik. Baru setelah pedal gas ditekan untuk melaju kembali, gigi turun ke-3.

Respons transmisi tertinggal dan mobil kehilang­an efek engine brake. Sa­yangnya lagi, butuh waktu untuk menurunkan gigi meski sudah dilakukan kickdown pada pedal gas. Mengakalinya, di lain kesempatan kami memindah­kan tuas transmisi ke M dan menurunkan gigi secara manual sesuai kebutuhan.

Di lain sisi, saat di posisi M atau manual, perpindah­an gigi terasa kurang menggembirakan. Tidak seperti ketika di D, saat tuas transmisi digerakkan, upaya perpindahan gigi berlangsung lebih lambat dan putaran mesin turun cukup jauh. Harapan kami akan respons transmisi yang lebih sigap berkurang di sini.

Suzuki Karimun Wagon R GS AGS telah dibekali roof spoiler. Gril juga sudah berlapis krom dan terdapat emblem garuda di belakang. Selain itu terdapat lis pada bodi samping dan lampu depan yang desainnya lebih ditarik ke samping yang terkesan seperti mata elang.

Masuk ke dalam, tidak banyak perbedaan, baik pada desain dasbor, jok atau setir. Power window hanya ada di bagian depan sedang belakang Karimun Wagon R GS AGS masih memakai engkol seperti Karimun Wagon R lainnya. Leg room kursi depan cukup baik, tapi untuk kursi belakang cukup sempit. Memang headroom-nya lega, tapi tidak ada headrest dan bangku berbahan vynil terasa panas di badan.

Save

Simulasi Kredit Promo Suzuki Bandung
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran mobil Suzuki, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
SIMULASI KREDIT
_____________________________________________________________________________
Atau kirim sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Suzuki Ertiga GX AT#70 juta#4 Tahun#Adi#Jalan Soekarno Hatta no 117 Bandung) kirim ke
081221111654