Suzuki Ertiga Terbaru 2019 Dapat Tambahan Fitur, Varian ESP Dihilangkan

Suzuki Ertiga Terbaru 2019 Dapat Tambahan Fitur | Ertiga generasi terbaru memang mengalami pengurangan sejumlah fitur, meski banyak fitur baru juga. Walau begitu, masih belum istimewa apalagi untuk menghadapi lawan-lawannya yang terus berbenah. Terutama menghadapi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, yang sekarang mulai dilengkapi fitur kekinian. Suzuki pun tak mau kalah, Ertiga juga butuh ubahan kalau tidak mau tenggelam.

Suzuki Ertiga Terbaru 2019 Dapat Tambahan Fitur

PT Suzuki Indonesia Sales (SIS) mengumumkan perubahan pada New Ertiga 2019 dengan menyampaikan surat resmi pada semua kepala cabang dealer resminya pada tanggal 7 Februari 2019. Suzuki Ertiga 2019 diupgrade fiturnya dan diubah beberapa bagian yang sebelumnya banyak dikritik pecinta otomotif, termasuk kami sendiri saat membahas kekurangan dan kelebihan Ertiga generasi kedua tersebut.

Dalam pengumuman tersebut dinyatakan bahwa perubahan dilakukan pada Suzuki All New Ertiga tipe GL dan GX yang mulai diproduksi pada Februari 2019. Diumukan juga secara detail apa saja fitur-fitur baru pada masing-masing tipe All New Ertiga 2019 tersebut, termasuk harga tiap varian dan visualisasi bagian-bagian yang diubah.

Bocor di jagad media sosial, sebuah surat internal untuk diler, memberitahukan soal perubahan Suzuki Ertiga. Terutama untuk Ertiga produksi Februari 2019, ada pembaruan detail dari sisi tampilan dan fitur. Penyegaran dilakukan terhitung sangat cepat, karena All New Ertiga belum genap setahun meluncur. Generasi kedua ini, dikenalkan pertama kali saat pembukaan pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) April 2018. Tentunya, bakal banyak konsumen yang kecewa sudah terlanjur beli Ertiga sebelum Februari ini.

Suzuki seolah menjawab keluhan pasar, soal fitur Ertiga yang kurang menarik. Namun pembenahan terjadi tidaklah terlalu banyak. Fokusnya pada Ertiga tipe GL dan GX. Mulai dari tipe GL, sekarang sudah mendapatkan fog lamp sebagai fitur standar. Lampu khusus untuk keadaan berkabut itu, akhirnya singgah juga di tipe GL. Sebelumnya tak pernah ada, cuma menjadi opsi tambahan.

Lalu hand grip, atau pegangan tangan di plafon, sekarang menjadi model lipat. Sebelumnya jenis fix assist hand grip yang tidak bisa terlipat. Tampak jadul seperti mobil era 90an. Model ini diterapkan tidak hanya di tipe GL saja, tipe GX juga dapat. Sedangkan fix hand grip ditambahkan di baris ketiga, juga untuk Ertiga GL dan GX. Setidaknya ada area pegangan untuk penumpang baris paling belakang.

Berikut surat pengumuman dari PT SIS pada owner, General Manager atau Kepala Cabang Dealer Suzuki di seluruh Indonesia. Surat ini ditandatangani oleh Yulius Purwanto selaku Head of Product & Accessories Development 4W dan Susanto Winarto selaku Head of Dealer Sales 4W.

Berikut visualisasi dari beberapa perubahan dan fitur-fitur baru All New Ertiga 2019:

Kabar buruknya adalah surat tersebut juga mengabarkan bahwa varian termewah di atas tipe GX dihentikan produksinya, yaitu New Ertiga GX ESP (Electronic Stability Program) yang memiliki fitur Stability Control. Jadi Ertiga 2019 tidak lagi punya varian dengan fitur pengendalian tersebut.

| Baca Juga : Tabel Angsuran dan SP Suzuki Ertiga

Cukup disayangkan karena pesaing terberatnya, yakni Mitsubishi Xpander sudah memiliki fitur tersebut pada varian tertingginya. Tapi bisa jadi ini merupakan pertanda akan hadirnya Ertiga Dreza generasi baru yang akan mengambil alih varian tertinggi Ertiga dari tipe GX-ESP tersebut.

Perubahan positifnya adalah bahwa foglamp sudah diberikan pada tipe GL dimana sebelumnya hanya pada tipe GX. Namun cukup disayangkan bahwa AC digital, rear defogger dan velg baru hanya diberikan pada tipe GX yang berharga hingga Rp. 240 jutaan.

Call Now Button