Ini Dia Perbandingan Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza

Perbandingan Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza

Ini Dia Perbandingan Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza

Persaingan di kelas low MPV ini kini makin sengit. Beruntungnya, sebagai konsumen sekarang kita punya banyak pilihan dengan spesifikasi, fitur dan teknologi yang makin memanjakan pengguna mobil. Kesuksesan Toyota Avanza ternyata cukup menggiurkan bagi produsen mobil yang lainnya. Kemunculan Suzuki Ertiga pada tahun 2012 memberi pilihan lain bagi konsumen otomotif Indonesia untuk tampil beda. 

Suzuki New Ertiga mendapat sambutan luar biasa, walau belum bisa mengalahkan penjualan Avanza, namun dengan cepat menggungguli penjualan Xenia yang merupakan saudara kembar Avanza Konsumen low MPV yang tidak memilih Avanza, yang mungkin juga salah satunya adalah sobat, pada umumnya ingin tampil beda dan keluar dari zona main-stream yang telah menjadi domain kembar Avanza dan Xenia, khususnya konsumen yang membutuhkan mobil keluarga yang tidak hanya fungsional namun juga memberi rasa nyaman, cita rasa interior yang lebih mewah dan fitur kekinian yang lebih beragam. Lebih jelas sobat dapat menyimak Perbandingan Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza:

Berikut Perbandingan Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza

  • Keluasan Kabin

Dari perbandingan dimensi ini, dapat dengan jelas kita ketahui bahwa Suzuki New Ertiga lebih panjang dan lebih lebar dari Grand New Avanza. Ini tentunya akan membuat ruang kabin Ertiga secara keseluruhan lebih luas.

Secara detail ruang kabin per baris, ditentukan pula oleh jarak antar poros ban. Jarak poros ban New Ertiga yang lebih panjang dari Avanza, memungkinkan pintu dan ruang kabin baris ke dua lebih panjang. Sehingga ruang kabin baris kedua bisa sangat lega. Tapi konsekuensinya, apabila baris kedua dimaksimalkan, ruang kabin baris ke-tiga menjadi lebih sempit.

  • Radius Putar

Jarak antar poros ban akan sangat berpengaruh pada radius putar mobil saat harus berbalik arah, contohnya saat melewati U-turn. Makin besar radius putar, artinya makin sulit bagi mobil untuk berbalik arah.  Maka dalam hal ini, Grand New Avanza tentunya unggul, karena mempunyai radius putar yang lebih kecil.

  • Ground Clearance

Ground Clearance mempunyai efek positif dan negatif sesuai keadaan jalan dan cara sobat mengemudi. Khususnya di Indonesia, ground clearance lebih identik dengan kemampuan mobil melahap jalanan dengan kontur tidak rata, karena memang demikian kondisi jalan di Negara kita.

Sehingga untuk urusan yang satu ini, Toyota Avanza tidak terkalahkan, karena bisa menempuh jalan dengan kondisi beragam. Hal ini juga menjadi alasan mengapa Avanza banyak digunakan sebagai mobil rental dan mobil operasional perusahaan. Namun efek negatifnya, ground clearance yang tinggi memberikan efek limbung dan body roll.

Pada dasarnya, ground clearance Suzuki New Ertiga hanya lebih rendah 1.5 cm dibanding Avanza. Coba kita bandingkan dengan mobil-mobil sedan atau hatchback yang jauh lebih rendah, hingga hanya 14 sampai 16 cm saja. Namun mobil-mobil tersebut tidak sering dikeluhkan penggunanya terkait ground clearance. Artinya memang Avanza unggul dalam hal ini, namun itu bukan berarti Suzuk Ertiga tidak mampu mengatasi kondisi umum jalan-jalan di Indonesia, baik di kota-kota besar maupun di daerah.

VARIAN DAN HARGA

Berikut varian beserta Harga On The road Untuk New Ertiga dan Grand Avanza di DKI Jakarta:

Varian Grand N. Avanza New Ertiga
Type Harga (jt) Type Harga (jt)
Termurah 1.3 E M/T 180.6 GA M/T 179.0
  1.3 E A/T 191.8
Menengah 1.3 G M/T 198.7 GL M/T 195.5
  1.3 G A/T 209.4 GL A/T 208.0
Tertinggi 1.5 G M/T 211.0 GX M/T 203.9
  Veloz 1.3 M/T 204.2 GX A/T 216.5
  Veloz 1.3 A/T 216.0    
Mewah Veloz 1.5 A/T 215.1    
  Veloz 1.5 A/T 226.9    

Dari daftar varian mobil tersebut, dapat kita lihat bahwa Avanza mempunyai varian yang lebih banyak. Sedangkan harga adalah faktor yang paling penting menjadi pertimbangan pembeli mobil. Sehingga siapa yang mampu menjual lebih murah dengan bentuk yang tidak begitu berbeda dengan tipe termahal, tentunya itulah yang akan banyak dilirik oleh konsumen.

Maka dari segi varian, menurut kami Avanza memenangkan persaingan ini. Namun dari sisi harga, untuk level tipe yang sama, harga New Ertiga lebih terjangkau dari Avanza.

Perbandingan Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza Berdasarkan Mesin dan Sistem Penggerak Roda

Suzuki New Ertiga menggunakan mesin berkapasitas 1,4L. Sedangkan Toyota Grand New Avanza mempunyai variasi mesin 1.3 dan 1.5L sesuai pilihan variannya. Banyaknya pilihan mesin pada Toyota Avanza tidaklah seketika demikian dari awalnya. Cobalah sobat baca sejarah perubahan Avanza sejak awal hingga tahun 2015. Hal tersebut telah melalui proses dan penelitian yang berkesinambungan oleh Toyota, sehingga mereka mengetahui kebutuhan dan ekspektasi pengguna Avanza dari waktu ke waktu.

Perbandingan Dimensi New Ertiga dengan Grand avanza 2

Suzuki Ertiga tentunya memerlukan waktu yang lama untuk bisa menyamai Toyota Avanza dalam memperbanyak varian dan jenis mesin. Karena adalah konyol memproduksi begitu banyak varian mesin namun ternyata tidak laku di pasar. Pengembangan varian mesin ini telah dilakukan Suzuki terhadap Ertiga dengan mengeluarkan varian bermesin diesel di India.

Maka Toyota Avanza kembali unggul dalam hal variasi mesin. Karena memang Avanza sudah lebih lama merajai pasar low MPV, sedangkan teknologi MPV berpenggerak roda depan memang masih cukup baru dan masih membutuhkan waktu untuk pengembangan dan perbaikan.

Dalam hal konsumsi BBM, meskipun New Ertiga bermesin 1.4L, tetap lebih irit dibanding Grand New Avanza bermesin 1.3L. karena effisiensi mesin berpenggerak roda depan lebih baik dari pada penggerak roda belakang.

EKSTERIOR

Berbicara tentang design interior, tentunya ini adalah mengenai selera masing-masing orang. Tentunya sebelum mengeluarkan suatu produk, pabrikan mobil-mobil ternama tersebut sudah melakukan penelitian yang panjang, bahkan bertahun-tahun. Mereka akan memetakan selera kebanyakan orang dimana mobil tersebut akan dijual dan selanjutnya mengakomodir keinginan yang paling banyak diharapkan pada suatu mobil.

Eksterior New Ertiga vs Grand New Avanza

Sobat CarUser dan kami bisa saja sangat berbeda dalam menilai tampilan eksterior, karena ini bersifat subjektif. Dalam review perbandingan ini, kami akan berusaha menampilkan pendapat-pendapat yang kami dengar baik dari dunia online maupun offline.

Dari obrolan dengan pengguna mobil yang kurang melek informasi dari internet, banyak kami temukan mereka berpendapat bahwa tampilan eksterior Avanza lebih mereka sukai dari Ertiga. Tapi mungkin ini juga karena faktor kurangnya informasi dan keunggulan jaringan penjualan Toyota, sehingga populasi Ertiga lebih jarang terlihat di jalanan dibandingkan Avanza.

Namun lain halnya dari dunia maya, seperti youtube dan komunitas otomotif, kebanyakan mereka lebih menyukai bentuk Ertiga, karena dianggap lebih elegan dan lebih berasa mobil mewah. Ini mungkin karena faktor rasa bosan terhadap bentuk Avanza yang sudah menjadi main-stream. Walau ada juga yang berpendapat Ertiga terlalu biasa-biasa saja.

Apabila sobat bertanya bagaimana pendapat kami sendiri? Maka pendapat kami kedua mobil, ini design eksteriornya biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Namun design Ertiga yang lebih panjang dan aerodinamis menurut kami cukup manis dibanding facelift pada Grand New Avanza yang seolah-olah dipaksakan meniru Honda HRV. Hingga Avanza seperti kehilangan jati diri Toyota-nya.

INTERIOR

Tampilan interior, ini juga sama dengan eksterior, tergantung selera masing-masing orang. Namun apabila dilihat dari kualitas bahan dan design dari dashboard, ketebalan kursi, design doortrim dan warna keseluruhan interior, Suzuki Ertiga dapat dikatakan jauh mengungguli Toyota Grand New Avanza.

Perbandingan Dimensi New Ertiga dengan Grand avanza 4

Cobalah sobat masuk ke kabin Ertiga dan rasakan nuansa kemewan interiornya. Ketuklah bahan dashboardnya, rasakan empuknya kursinya, cobalah sensasi hand-rest pada kabin baris ke-dua. Akan terasa sangat berbeda dengan Avanza yang biasa-biasa saja.

Sedangkan pada Grand New Avanza, tidak ada perubahan signifikan pada bentuk interior dibandingkan versi sebelum facelift. Perubahan terlihat hanya pada display instrument di balik lingkar kemudi. bahkan ada yang cukup aneh pada head rest tengah baris ke-dua yang sedikit dipaksakan untuk dibuat, sehingga harus dibelah.

Maka dalam hal design interior, facelift yang dilakukan Toyota belum dapat mengalahkan citarasa kemewahan pada Suzuki New Ertiga. Pendapat ini juga diutarakan oleh banyak reviewer di Youtube.

KENYAMANAN & KEPRAKTISAN

Kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam kabin mobil sangat dipengaruhi banyak faktor, berikut ulasannya:

  • Kenyamanan Kursi

Tidak dapat dipungkiri bahwa kontur kursi New Ertiga lebih lembut dan lebih tebal dibandingkan kursi Avanza. Selain itu, design sandaran kursi Ertiga lebih ergonomis. Sehingga duduk di kursi Ertiga memberikan rasa nyaman yang lebih.

  • Suspensi

Suspensi berperan sangat besar pada rasa nyaman penumpang dalam mobil. Kemampuan suspensi meredam getaran akibat kondisi jalan yang kurang rata, akan sangat berpengaruh pada kenyamanan.

Untuk hal ini, mungkin sobat sudah sangat kenal dengan bagaimana rasa di dalam kabin Avanza saat melalui jalan yang tidak rata. Badan kita serasa diguncang-guncang dan hentakan yang membuat kita kurang merasa nyaman. Toyota sudah melakukan perbaikan pada suspensi Grand New Avanza, namun belum mampu mengalahkan kenyamanan suspensi New Ertiga.

Sedangkan pada Ertiga, suspensinya dapat dikatakan sebagai yang terbaik di kelasnya. Bahkan kelembutan suspensi Ertiga lebih layak dibandingkan dengan kelas di atasnya seperti Toyota Innova.

  • Pengendalian

Pada umumnya suspensi yang lembut akan berakibat pada kelimbungan dan efek body roll yang tinggi khususnya saat melahap tikungan. Namun hal tersebut tidak begitu berpengaruh pada Ertiga. Dibandingkan dengan Avanza, pengendalian Ertiga lebih nikmat. Mungkin ini juga dipengaruhi oleh dimensi dan ground clearance Avanza yang lebih tinggi dari Ertiga.

  • Kekedapan

Toyota mengklaim bahwa kekedapan Grand New Avanza lebih baik, yaitu 19% lebih senyap dibandingkan sebelum facelift. Namun apakah hal itu sudah dapat mengungguli kekedapan New Ertiga? Kekedapan bukan hanya tentang meredam suara dari lingkungan di luar mobil, namun juga dipengaruhi oleh kemampuan peredam dalam mereduksi suara raungan mesin agar tidak masuk ke kabin.

Tidak berlebihan rasanya jika kita katakan bahwa kekedapan kabin New Ertiga masih unggul dibanding Grand New Avanza.

  • Kepraktisan

Kepraktisan suatu mobil adalah kemudahan-kumudahan yang disediakan fasilitas interior. Seperti ketersediaan ruang penyimpanan yang cukup, tempat menaruh botol air minum yang lengkap, fasilitas yang menunjang kenyamanan pengemudi seperti pengaturan kursi dan lingkar kemudi dan kemudahan akses keluar masuk penumpang.

Avanza telah melakukan perbaikan pada aspek ini, yaitu dengan merubah design kursi belakang yang bisa dilipat hanya sebelah, kepraktisan pelipatan kursi baris ke-dua untuk memudahkan akses ke baris ke-tiga dan kemudahan pelipatan kursi baris ke-tiga untuk memaksimalkan ruang bagasi.

Kedua low MPV ini mempunyai kepraktisan yang memadai dan sangat mencukupi untuk kebutuhan keluarga. Namun jika harus ada yang unggul, maka Grand New Avanza lebih baik dari New Ertiga. Karena memiliki ruang bagasi yang lebih luas, akses ke baris ke-tiga yang lebih mudah, ruang penyimpanan dan cupholder di doortrim yang lebih banyak.

FITUR

Fitur merupakan aspek persaingan terpenting dalam rivalitas kedua MPV ini. Ertiga menjadikan fitur sebagai nilai jual andalan. Inilah aspek yang cukup berhasil mendongkrak penjualan Ertiga hingga pada tahun 2013 sukses menggeser tahta kedua yang lama dipegang Daihatsu Xenia.

Sebelum dilakukannya facelift menjadi Grand New Avanza, low MPV andalan Toyota ini sangat ketinggalan dari Ertiga. Nuansa minim fitur masih dipertahankan oleh Toyota hingga pertengahan tahun 2015. walau sebenarnya konsumen otomotif Indonesia sudah disuguhi fitur yang berlimpah dari produsen mobil lain, namun tidak ada yang sekuat Ertiga pengaruhnya terhadap penjualan duet kembar Avanza-Xenia.

Toyota melakukan penambahan fitur pada Avanza hingga mampu mensejajarkannya dengan fitur-fitur pada Ertiga, seperti:

  • Penambahan fitur keamanan seperti Side Impact Beam pada setiap pintu dan penambahan teknologi rem ABS (anti penguncian pada roda saat pengereman mendadak).
  • Penambahan fitur keamanan yaitu kunci immobilizer, sehingga mobil ini sulit dicuri.
  • Perbaikan pada display instrument di balik lingkar kemudi, sehingga lebih nampak futuristic.
  • Penambahan system eco driving, untuk menghemat bahan bakar.

Sedangkan pada New Ertiga, tidak banyak penambahan fitur yang dilakukan oleh Suzuki. Penambahan tersebut hanya pada dual airbags untuk semua tipe, penambahan box pada console tengah, perubahan pada control kaca. Suzuki malah melakukan penyunatan fitur audio twitter dan rem ABS pada New Ertiga type GX. Informasi yang kami dapatkan, bahwa hal tersebut adalah strategi marketing untuk tipe baru yang belum dikeluarkan Suzuki. Varian terbaru tersebut disebut akan menjadi varian termewah dan dilengkapi fitur ABS+EBD. 

KETANGGUHAN

Banyak yang meragukan ketangguhan New Ertiga, karena teknologi penggerak roda depan (FWD). Juga karena ground clearance yang lebih rendah. Namun sampai selama tiga tahun berada di Indonesia, keluhan pengguna Ertiga terkait masalah kaki-kaki yang rentan, permasalahan loyonya Ertiga melahap tanjakan, dan lain-lain tidak banyak ditemukan baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Kelemahan-kelemahan tersebut kebanyakan diekspos hanya pada review-review atau perbandingan yang bersifat subjektif dan cukup sadistik yang dilakukan para sales kompetitornya. Begitupun sebaliknya, banyak juga review yang sangat memojokkan Avanza. Perdebatan sengit selalu mengihiasi berita-berita yang menyandingkan kedua mobil ini.

Mungkin benar Toyota Avanza lebih unggul dari Ertiga, karena waktu yang lama menunjukkan keterujian Avanza. Namun bukan berarti Ertiga tidak memiliki ketangguhan karena memang usianya belum selama Avanza. Dari ulasan di atas, memang belum aple to aple untuk dibandingkan. Avanza sudah teruji itu benar, namun Ertiga dikatakan tidak tangguh, itu juga belum terbukti.

JARINGAN DEALER & SERVICE

Jaringan service yang selalu terafiliasi dengan dealer penjualan, sangat menentukan kepuasan pengguna mobil. Dan tentunya Dealer adalah sales fasif yang sangat efektif dalam mendapatkan pembeli mobil. Banyak orang yang membeli mobil karena ketersediaan dealer dan bengkel resmi di daerahnya.

KESIMPULAN

Kesimpulan dari ulasan yang panjang di atas, kami sajikan dalam table berikut:

Varian New Ertiga Grand New Avanza
Dimensi ✓ ✯✯✯✯ ✯✯✯
Varian & Harga ✓ ✯✯✯✯ ✓ ✯✯✯✯
Mesin & Transmisi ✓ ✯✯✯✯ ✓ ✯✯✯✯
Eksterior ✓ ✯✯✯ ✯✯
Interior ✓ ✯✯✯✯✯ ✯✯✯
Kenyamanan ✓ ✯✯✯✯✯ ✯✯✯
Fitur ✓ ✯✯✯✯ ✓ ✯✯✯✯
Ketangguhan / Durability ✯✯✯ ✓ ✯✯✯✯
Jaringan Service ✓ ✯✯✯✯ ✓ ✯✯✯✯✯

Dari hasil perbandingan ini, secara keseluruhan Perbandingan Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza ini New Ertiga unggul dari Toyota Grand New Avanza, terutama karena faktor Interior dan kenyamanan berkendara yang kami nilai outstanding.

Namun demikian, Facelift pada Grand New Avanza telah berhasil mengimbangi keunggulan fitur Ertiga. 

Demikian Perbandingan ini, semoga membantu sobat yang sedang mencari informasi lengkap mengenai Perbandingan Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza . Selamat memilih kendaraan baru, semoga mendapatkan yang sesuai dengan ekspektasi sobat.

Perbandingan ini adalah berdasarkan analisa dan pendapat kami pribadi, kami tidak terafiliasi atau dibayar oleh salah satu merk mobil tersebut. Pendapat kami boleh saja berbeda dengan pendapat sobat. Jika ada yang kurang lengkap atau menurut sobat perlu dikritisi atau diperjelas, silahkan berikan komentar dengan tetap santun.

Sumber Perbandingan Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza  : www.carusermagz.com

Pic : www.Carbay.co.id

Simulasi Kredit Promo Suzuki Bandung
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran mobil Suzuki, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
SIMULASI KREDIT
_____________________________________________________________________________
Atau kirim sms langsung dengan format : Tipe Mobil# Jumlah DP yang akan dimasukan# Tenor Kredit#Nama#Alamat Lengkap (Contoh: Suzuki Ertiga GX AT#70 juta#4 Tahun#Adi#Jalan Soekarno Hatta no 117 Bandung) kirim ke
081221111654